BERITA TERKINISERANG

Cleaning Service Wajib Bersertifikat

CILEGON – Di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), semua profesi harus memiliki sertifikasi, termasuk Cleaning Service. Demikian Di Ungkapkan Oleh Adi Kurnianto Ketua Asosiasi Perusahaan Klining Service Indonesia (Apklindo) Provinsi Banten, Senin (4/12/2017).

Ketua Aplkindo Provinsi Banten Adi Korni mengatakan sertifikasi kepada para pegawai Cleaning Service itu adalah sebagai dasar untuk meningkatkan kualitas danĀ  profesionalisme. Sertifikasi itu juga merupakan program pemerintah pusat Di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Dimana, dengan adanya sertifikasi itu para cleaning service akan lebih diakui profesinya. “Jadi sertifikasi ini langsung dari negara.

Tujuan dari sertifikasi ini juga untuk memproteksi maraknya pekerja asing yang masuk ke Indonesia, dimana pekerjaan setingkat cleaning service saat ini juga diambil alih oleh pekerja asing. Ini sudah terjadi di Tangerang. Jadi kedepan jangan sampai investor bikin pabrik, namun tenaga setingkat cleaning service saja harus orang asing yang bekerja,” ujarnya.

Dijelaskan Adi Korni, sertfikasi cleaning service tersebut berguna untuk meningkatkan skill para pekerja. Sebab sertifikasi tersebut bukan hanya berlaku di dalam negeri, melainkan juga berlaku untuk mencari kerja diluar negeri.

Sebab, sertifikasi tersebut merupakan sebagai bukti profesionalitas para pegawai tersebut. “Jadi saat ini yang wajib memiliki sertifikasi bukan hanya guru, melainkan kedepan cleaning service juga perlu sertifikasi. Kemungkinan besar kedepannya segala profesi termasuk cleaning service juga wajib memiliki sertifikasi dalam rangka menghadpi MEA,” jelasnya.

Sekretaris Apklindo Provinsi Banten Ahmad Sudrajat mengatakan, cleaning service selama Di pandang sebelah mata, namun ternyata profesi tersebut diperlukan sklill khusus. Cleaning service ada beberapa jenis dan kategori yakni ada bagian cleaning service berat dan ringan. “Cleaning service berat misalnya di pabrik kimia, industri dan lainnya. Kalau mereka tidak dibekali dengan skill yang mumpuni tentu akan berbahaya, bisa-bisa sedang ngelap atau nyapu menekan tombol berbahaya.

Jadi perlu pengetahuan khusus. Begitu juga cleaning service ringan seperti di perkantoran, perhotelan, meski terbilang riangan namun juga diperlukan pengetahuan bagaimana cara melayani, perlunya pembelajaran adab yang baik, sopan santun dan perilaku yang baik lainnya,” terangnya. (Mlk)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close