BERITA TERKINIINDUSTRINASIONALPEMERINTAHAN

Presiden Jokowi Beri Lampu Hijau Pengembangan Energi Nuklir

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ‎nampaknya memberikan lampu hijau untuk pengembangan energi nuklir di Indonesia. Hal ini terlihat dari disepakatinya energi nuklir sebagai salah satu pilihan yang tertuang dalam dokumen Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said menuturkan, Jokowi telah menekankan agar opsi energi nuklir dapat diteruskan dan diminta untuk segera membuat peta jalan (roadmap) dan implementasinya.

‎Presiden menekankan supaya opsi nuklir itu diteruskan dengan menjadikan nuklir sebagai satu pilihan dan segera dibuat roadmap implementasinya,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (22/6/2016).

Sebagai langkah penerapannya, sambung dia, pemerintah akan membangun satu laboratorium penelitian teknologi nuklir tersebut. Selain itu, pemerintah juga akan mendorong kerja sama dengan dunia internasional agar teknologinya tidak ketinggalan.

Kita punya tempat dimana ahli nuklir kita bisa berekspresi, berkarya, dan tetap diberikan dukungan untuk melakukan riset supaya apa yang kita kuasai tidak hilang‎,” imbuh dia.

Selain itu (RUEN) membangun energi berbasis EBT harus terus diperkuat. Tidak boleh ada retreat dan kata mundur. Target 23% di 2025 harus dicapai, dan semua daya upaya harus diarahkan. kita ingin terus mendorong pembangunan infrastruktur energi,” tuturnya. (Sindo)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close