BERITA TERKININASIONALPERISTIWA

Gempa Di Suka Bumi Berdampak Di Sejumlah Wilayah Pulau Jawa

Gempa terjadi di berbagai kota di Indonesia tengah malam ini. Ibu Kota DKI Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Ciamis, Tasikmalaya, Cianjur, Sukabumi, Cilacap, Kebumen. Warga di berbagai daerah panik dan ketakutan, mereka memilih tak tidur demi berjaga-jaga.

Menurut keterangan yang dirilis Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), telah terjadi gempa bumi dengan parameter sebagai berikut. Magnitudo 7,3 skala richter, waktu gempa 23.47 15 Desember 2017. Garis Lintang 8.03 LS, Garis Bujur 108.04 BT, kedalaman gempa 105 km.

Lokasi gempa Jawa, Indonesia. Yakni, 74 km Barat Daya Kawalu, 76 km Barat Daya Singaparna, 79 km Barat Daya Cibereum, 85 km Barat Daya Ciamis.

Evaluasi, berpotensi Tsunami di wilayah antara lain Ciamis dengan kondisi siaga; Tasikmalaya (siaga); Bantul Yogyakarta (waspada); Kulon Progo Yogyakarta (waspada); Cianjur Sindangbarang (waspada); Garut (waspada); Sukabumi Ujung Genteng (waspada); Cilacap (waspada); Kebumen (waspada).

BMKG menyarankan agar pemerintah kabupaten/kota yang pada status awas segera mengevakuasi warganya secara menyeluruh. Sedangkan yang pada status siaga pemda diminta segera mengarahkan warganya untuk evakuasi, dan pada status waspada pemda diminta agar melarang masyarakat ke sungai maupun pantai. (Red)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close