BERITA TERKINICILEGONPEMERINTAHAN

Cilegon Punya Alisha FI, Melon Unggulan

CILEGON- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Cilegon, mengenalkan varietas melon terbaru yang ditanam di Kota Cilegon yang diklaim mampu bertahan meski dalam kondisi cuaca buruk. Varietas melon hibrida tersebut diberi nama Alisha F1.

Didalam kerjasama tersebut Disparbud, di lokasi pertanian melon yang berada di atas lahan milik Hotel dan Restauran Sari Kuring Indah (SKI) tersebut, pihaknya diharapkan bisa berperan menjadikannya tempat wisata edukasi yang bisa dikunjungi masyarakat Cilegon.

Sebagaiman dikatakan oleh Kepala DKPP Kota Cilegon Wawan Hermawan, pihaknya telah memutuskan kerjasama pembinaan melon jenis apolo dan berganti ke melon varietas Alisha F1.

“Karena melon jenis Alisha FI ini tahan terhadap virus, maka kita kenalkan secara luas. Kita kasihan dengan para petani agar mereka jangan merugi. Supaya petani dapat terus dapat pendapatan,” katanya, Kamis (21/12/2107) siang.

Sementara itu, Plt Kabid Pariwisata pada Disparbud Kota Cilegon Neli Evalinda dengan kerjasama ini akan terus berupaya menjadikan pertanian salah satu bagian dari desa wisata yang dimiliki Pemkot Cilegon.

“Target kita untuk meningkatan kunjungan wisatawan ke Kota Cilegon, Pertanian akan menjadi salah satu konsep desa wisata program Disparbud,” ucapnya.

Tentunya dalam acara pengenalan melon unggulan ini, diharapkan pertanian melon selain menjadi tempat kunjungan wisatawan, tapi bisa juga menyerap tenaga kerja di Kota Cilegon. Dan lebih substansial lagi, program pertanian ini sangat tepat mengingat secara historis merupakan mata pencaharian utama masyarakat Cilegon dulu sebelum merambah dan menjamurnya pabrik-pabrik. (S.I)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close