BERITA TERKINICILEGONINDUSTRIPERISTIWA

Safety Valve Bekerja Sempurna Cegah Efek Bahaya

CILEGON, PetaBanten- Warga di beberapa Kelurahan di Kecamatan Ciwandan, tiba-tiba dikagetkan oleh semburan cairan yang diduga bahan kimia berwarna putih yang menyebar pemukiman sekitarnya, Jumat (29/12/2017).

 

Menurut informasi yang dihimpun PetaBanten.com, diketahui bahan kimia tersebut berupa Urified Terephthalic Acid (PTA) yang berasal dari PT Indorama Petrochemical, yang disebabkan adanya gangguan pada bagian pipa produksi.

 

Sementara HR & Coorporate Affair PT Indorama Petrochemical, Malim Hander Joni membenarkan terjadinya semburan bahan kimia berwarna putih itu berasal dari perusahaannya. Menurutnya bahan kimia itu akibat adanya sedikit masalah pada bagian produksi. Pihaknya membantah kalau kejadian itu akibat adanya ledakan dari bagian produksi.

 

“Itu bukan ledakan, itu kan dari salah satu saluran pipa produk kita yang mau dikirim, itu sudah jadi PTA sih, itu blok. Itu blok kan ada safety valve supaya tidak terjadi ledakan di pabriknya, karena blok dia ada katup yang terbuka secara otomatis. Itu di bak kontrolnya,” ujarnya.

 

Joni juga menjelaskan pipa yang blok itu membuat semburan PTA keluar ke udara. Itu akibat tekanan yang tinggi. Otomatis kontrol membuka dan“ PTA keluar semburan tersebut hingga  ke jalan. Kejadian jam 7.15 pagi. Pada area purifikasi dalam proses kristalisasi. Ungkapnya.

Pada vessel 1 berisi PTA murni dengan air murni. Terjadi blok ada gumpal keluar pipa menuju vessel 2 sehingga tekanan  vessel 1 naik. Sebagai standard normal setiap alat ada katup pengaman/safety valve. Katup pengaman itu yang membuka otomatis sehingga PTA dan air menyembur keluar.

 

Pengguna jalan mengira hujan. Tapi kok putih. Itu produk kita. Penanganan jika kena mata cukup diguyur air saja. Tadi 13 orang terkena dan sudah ditangani langsung dengan menyiram air. Tuturnya.

Kita pastikan juga dengan diperiksa oleh dokter perusahaan di klinik kami. Siang tadi sebelum sholat jumat semua sudah pulang.

PTA yang dijalan sudah dibersihkan, Terima kasih kepada seluruh warga dan pemerintahan yang cepat turun dan  membantu. Jadi kejadian ini bukan ledakan pabrik. Terangnya. (S.I)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close