BERITA TERKINIINDUSTRI

India Sukses Uji Coba Rudal Antarbenua Yang Mampuh Menjangkau Negara China

Petabanten.com – India mengklaim sukses menguji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) miliknya yang bernama Agni-V. Rudal jarak jauh ini diprediksi mampu mencapai daratan China.

 

Seperti dilansir CNN, Kamis (18/1/2018), rudal ICBM Agni-V ini diluncurkan dari Abdul Kalam, Odisha pada Kamis (18/1) pagi waktu setempat. Rudal yang mampu membawa muatan nuklir ini, diyakini merupakan rudal ICBM paling canggih milik India saat ini.

 

Menurut Federasi Ilmuwan Amerika, India diyakini memiliki sekitar 120-130 hulu ledak nuklir. Dituturkan Kementerian Pertahanan India dalam pernyataannya via Twitter, uji coba ini merupakan ‘dorongan besar’ bagi kemampuan pertahanan India.

 

“Ini bukan kemampuan baru, jadi ini hanya uji coba pengembangan sebelum India memasukkannya ke dalam jangkauan operasional,” sebut Vipin Narang, salah satu profesor pengajar Ilmu Politik padaMassachusetts Institute of Technology (MIT) di AS, kepada CNN. Narang khusus mempelajari proliferasi nuklir.

 

Disebutkan Narang, sangat dimungkinkan bagi militer India untuk menguji coba ‘tabung’ rudal yang menjadi lokasi rudal diluncurkan, juga performa terbang serta akurasi rudal itu.

 

“Mereka secara bertahap telah meningkatkan kerumitan proses uji coba,” timpal pengamat pertahanan ternama India, Ajai Shukla, yang juga mantan kolonel militer India.

 

Rudal ICBM Agni-V telah diuji coba sebanyak lima kali sejak tahun 2012. Jangkauan rudal ini mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Menurut data dari Kementerian Pertahanan India, rudal Agni-V memiliki jangkauan 5.500 – 5.800 kilometer.

 

Uji coba rudal ini membuat geram dua lawan geostrategis paling penting India, yakni Pakistan dan China. Shukla menyebut, dengan jarak jangkauan rudal Agni-V saat ini berarti seluruh wilayah China telah masuk dalam jangkauan.

 

Diketahui bahwa India bersama Pakistan dan Korea Utara (Korut) masuk dalam 13 negara di dunia yang tidak menandatangani Perjanjian Larangan Uji Coba Nuklir Komprehensif. (Net)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close