BERITA TERKINICILEGONORGANISASIPENDIDIKAN

PMII Gelar Pelatihan Siber Kebangsaan, Generasi Milenial Diharap Menyebar Konten Positif di Era Digital

Cilegon, PetaBanten.com – Kegiatan Pelatihan Siber Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Kota Cilegon bertempat di Aula Mapolres Kota Cilegon pada tanggal 02-03 Maret 2018 telah secara resmi ditutup oleh ketua PC NU Kota Cilegon KH. Hifdullah.

Pada materi “Perang Opini Publik di Era 3.0” yang di sampaikan oleh Abdul Malik Mughni dari LTN PBNU bahwa hari ini Informasi bukanlah sebuah hal yang istimewa dan pada era hari ini siapapun dapat menjadi jurnalis media sosial yang dapat memberikan informasi apapun dengan format gambar , suara atau video tanpa kredibilitas yang jelas dan terang. Maka abdul malik menambahkan “pada era 3.0 ini informasi yang paling “bising” dan masif lah yang menjadi pemenang nya, siapa yang menguasai opini publik maka dia lah pemenang nya”

Diharapkan melalui materi ini peserta dapat mengisi dan memperkaya konten informasi digital dengan muatan Positif, muatan menentramkan yang penuh dengan nilai nilai Pancasila dan kebangsaan Indonesia.

Dilanjut oleh Dr.Tech Agus Pramono Rois Syuriah NU Federasi Rusia atau yang akrab disapa Gus Pram dalam materi nya “Perang Siber dan Peta Konflik Transformasi Teknologi” bahwa dalam era 3.0 ini ditemukan sebuah ruang konflik baru yang biasa kita kenal dengan dunia maya, ruang ini terbagi lagi dengan beberapa koridor hasil dari perkembangan era digital diantaranya adalah teknologi teks digital, Suara digital dan gambar digital.

“Indonesia adalah Negara dengan potensi yang sangat menjanjikan merupakan target mahal oknum elite asing yang mensponsori perang siber di Indonesia, dengan narasi akhir adalah perpecahan dan pelemahan distribusi pengetahuan, Ini berbahaya kalau dunia maya ini di ramaikan oleh miliaran konten negatif dari mulai propaganda sampai provokasi” Ucap nya.

Maka sebuah keharusan bagi generasi milenial bangsa ini harus ikut mempertahankan NKRI pada dunia maya ini, tidak terbayang 10 atau 20 tahun lagi akan terbentuk seperti apa pola pemikiran anak-anak bangsa jika tiap menit nya mengonsumsi asupan propaganda dan provokasi yang disebarkan masif pada dunia maya, kader muda NU harus siap berubah dan berkembang mengikuti era perubahan zaman dan masa, sekarang era nya digital.

Acara yang dimulai pada Jumat (02/03/2018) Siang bertempat di Aula Rupatama Polres Cilegon ditutup pada Sabtu (03/03/2018) Malam hari. (*S.I)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close