BERITA TERKININASIONALORGANISASI

NDP sebagai Nafas Iman dan Gerak Juang

NDP (Nilai Dasar Perjuangan) merupakan landasan perjuangan HMI yang perlu disosialisasikan dan diresapi oleh setiap kader HMI. Tujuan NDP dalam HMI merupakan filsafat sosial dalam melakukan perubahan sesuai tujuan HMI. Hubungan NDP dalam HMI yaitu, bahwasanya Islam menjadi landasan teologis, NDP HMI itu sendiri sebagai landasan ideologis, sedangkan mission HMI adalah sebagai landasan filosofis, dan program Kerja Nasional HMI sebagai landasan sosiologisnya. Berdasarkan hal ini, maka NDP merupakan filsafat sosial yang bersumber dari ajaran Islam. Filsafat sosial ini diturunkan menjadi teori-teori sosial, yang teori-teori ini akan memberikan konsepsi yang jelas pada arah gerak perubahan sosial yang dilakukan oleh HMI.

NDP menjelaskan tentang; dasar-dasar kepercayaan, pengertian-pengertian dasar tentang kemanusiaan, kemerdekaan manusia (ikhtiyar) dan keharusan universal (takdir), ketuhanan yang Maha Esa dan kemanusiaan, individu dan masyarakat, keadilan sosial dan keadilan ekonomi, kemanusiaan dan ilmu pengetahuan. Seluruh isi dari NDP saling berkaitan secara horisontal (hubungan manusia dengan Allah) dan juga secara vertikal (hubungan manusia dengan alam) yang berkesinambungan untuk mewujudkan manusia yang berketauhidan tinggi, berwawasan luas serta mampu menerapkan ilmu pengetahuannya untuk kebajikan, menjadi manusia yang senantiasa mencerminkan dirinya sebagai seorang muslim, serta menjalankan peranya sebagai khalifah fil ard yang bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhai Allah SWT.

NDP HMI memberikan indikator tata nilai dalam menjalankan kehidupan beragama dan bermasyarakat. NDP sebagai intisari dan pedoman yang bisa menjabarkan secara sederhana untuk mengenal apa itu Islam dan bagaimana Islam menuntun manusia menjadi the real khalifah fil ard. NDP mencegah kegoyahan iman, karena secara gamblang NDP menegasikan ketiadaan dan pengecualian akan Tuhan. Yang mana lafadz asyhadu an la ilaha illa allah adalah wujud komplek namun sederhana yang bisa kita pahami, bahwasanya perkataan “tidak ada Tuhan” dimaknai sebagai meniadakan segala bentuk kepercayaan, sedangkan “selain Allah” menyampaikan kepada kita bahwa Tuhan itu ada dan Allah adalah Tuhan satu-satunya. NDP menuntun kita untuk senantiasa melakukan peran kebajikan dalam lingkup sosial bermasyarakat. Maka dari itu, NDP meengajarkan nilai-nilai yang akan selalu sesuai dengan tantangan jaman dan menjadi landasan bagaimana berfikir, bertindak dan berinovasi.

Inilah bentuk ideal manusia yang tercantum dalam NDP dan diwujudkan sebagai tujuan dan cita-cita HMI, yaitu membentuk manusia dengan fitrah “hanief” untuk senantiasa berfikir dan bertindak atas kebenaran. Pemahaman nilai-nilai keislaman yang diterapkan dengan tepat dalam berperilaku, akan mewujudkan masyarakat dengan karakter yang disebut “berkualitas insan cita” yaitu; terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi, yang bernafaskan Islam, dan bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhai Allah SWT.

Padang, 6 Juli 2018

Ike Wisnu Wijayanti
KOHATI PB HMI

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close