BERITA TERKINI

KOHATI PB HMI Sambangi Bawaslu RI

Jakarta, 25 juli 2018. Kohati PB HMI melakukan audiensi dengan BAWASLU RI dalam rangka menjalin sinergitas antar lembaga terkait pengawasan pemilu.
Audiensi dhadiri oleh ketua umum, sekertaris, bendahara serta staf Ketua Bidang dan diterima oleh komisioner BAWASLU RI, Dewi Ratna Petalolo beserta staf.
Dalam paparannya, Ketua Kohati PB HMI Siti Fatimah Siagian mengatakan, kohati sebagai lembaga kemahasiswaan dengan jumlah kader kurang lebih 27.000 yang tersebar di seluruh nusantara, memiliki komitmen untuk berperan aktif dalam mengawasi pemilu, dan memberikan edukasi-edukasi politik ke masyarakat.
Ditambahkan oleh sekertaris umum kohati Mutya Gustina, bahwa target atau sasaran dari edukasi politik ini adalah kaum perempuan, dengan harapan perempuan dapat menjadi edukator-edukator di rumah maupun lingkungan masyarakat. Dengan keterlibatan aktif Kohati sebagai pengawas juga sebagai edukator politik ke masyarakat, diharapkan dapat mengantisipasi pelanggaran-pelanggaran pemilu seperti money politics, SARA, juga politik identitas. Ditambahkan oleh Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya Organisasi, Eva Nurpadilah mengatakan semoga dengan adanya audiensi ini disambut baik untuk sinergitas yang terjalin, terlebih KOHATI sebagai wadah Kemahasiswaan yang mempunyai basic masa dapat ikut berperan aktif mengawasi Pemilu.
Hal ini tentu sangat disambut baik oleh komisioner Bawaslu RI Dewi ratna Pettalolo. Dewi mengatakan bahwa Peran dan partisipasi lembaga kemahasiswaan dan masyarakat sipil dalam pengawasan atau pemantauan jalannya proses demokrasi merupakan hal yang sangat penting. Peran pemantau dalam pengawasan pemilu menjadi salah satu dan indikator kualitas penyelenggaraan pemilu yang demokratis. Bawaslu. Ditambahkan, dengan adanya sinergi antara penyelenggara pemilu dengan lembaga kemahasiswaan maupun masyarakat sipil, diharapkan dapat menguatkan proses demokrasi sehingga partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 akan meningkat, juga dapat semaksimal mungkin menekan pelanggaran-pelanggaran pemilu. (*Lisha)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close