PERISTIWA

Relawan RY Kembali Ulurkan Tangan Untuk Membantu Bayi Penderita Omfalokel

Cilegon – Ketua Srikandi RY Hj. Siti Fatimah Yanuar bersama beberapa relawan, kembali mengunjungi rumah bayi berusia satu tahun penderita omfalokel atau organ dalam tubuh keluar, di Link. Telu kelurahan jombang wetan Kecamatan Jombang Kota Cilegon, Minggu Sore (05/08/2018).
Bayi pengidap omfalokel sebelumnya sudah terlebih dahulu di berikan pengobatan di Rumah Sakit Harapan Kita di Jakarta, “Alhamdulillah sekarang sudah dioperasi, tinggal kontrol aja, dan akan kita pantau terus perkembangannya,” Pungkas Hj. Siti Fatimah Yanuar.
Seperti diketahui dalam ilmu medis, penyakit omfalokel adalah sebuah kondisi dimana terdapat defek pada dinding abdomen (perut) sehingga organ perut tidak tertutup dengan kulit dan hanya ditutupi oleh lapisan transparant peritoneum (pelindung organ perut).
Penyebab omfalokel masih belum jelas namun terdapat gangguan penutupan lipatan perut saat kehamilan awal (3-4 minggu kehamilan) yang diprediksi disebabkan oleh kelainan genetik, hamil resiko tinggi, polihidramnion dan defisiensi asam folat.
Penatalaksanaan omfalokel akan ditentukan oleh berat dan kondisi dari omfalokel serta adanya kelainan kromosom tertentu seperti kelainan jantung dll tersebut. Pada omfalokel kecil dan ringan umumnya bayi bisa dilahirkan saat usia kehamilan matang (38minggu) dengan persalinaan normal dan tentunya diawasi oleh ahli bedah anak untuk segera mereparasi gangguan omfalokel pada bayi.
Pada kasus omfalokel berat dan besar atau disertai gangguan kromosom lain maka persalinan sebaiknya dilakukan dengan caesar dan dinilai bersama oleh dokter kandungan dan dokter bedah anak untuk menentukan waktu yang tepat pada proses persalinan. Kasus omfalokel memiliki prognosis 70-95% keberhasilan terapi.
Sementara itu, Ibunda bayi penderita omfalokel , Siti Aisyah mengungkapkan, anaknya sudah mendapatkan pengobatan dirumah Sakit Harapan Kita di Jakarta untuk dilakukan penanganan medis atas penyakit yang diderita oleh anaknya serta mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian juga bantuan yang diberikan oleh Srikandi RY, semoga anak saya diberikan kesembuhan.
Dalam kunjungan tersebut, Hj. Siti Fatimah Yanuar pun berharap, kedepan pemerintah Kota Cilegon bisa lebih memperhatikan masyarakatnya, secara keseluruhan.“Kita sedih, prihatin masih banyak yang harus kita bantu, kedepan pemerintah (Pemda Cilegon-red), harus lebih baik dalam memberikan perhatin kepada masyarakatnya,” Tandasnya kepada pewarta. (Red)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close